Kreativitas dari Bambu

Bambu merupakan pohon yang laju pertumbuhannya cepat sehingga tergolong sebagai sumber daya alam yang mudah diperbaharui. 

Ia memiliki tekstur dan warna yang khas. Ia juga lebih tahan api dibandingkan dengan kayu pada umumnya. 

Di Indonesia, pohon bambu ini tergolong memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Banyak orang mulai memanfaatkan pohon ini dengan mengolahnya sebagai sebuah karajinan tangan yang memiliki nilai jual. 

Jadi jika anda punya niatan untuk berwirausaha, anda bisa mulai mempelajari ulasan berikut tentang produk apa saja yang bisa dihasilkan dengan olahan bambu ini.


Aneka Kreatifitas dari Bambu



Rak


 Produk pertama yang bisa dihasilkan melalui kreatifitas dari bambu adalah rak. Nah gambar di atas adalah contohnya. Anda bisa mendesainnya sedemikian rupa dengan menyesuaikan apa yang ingin anda masukkan di rak tersebut, entah itu buku, sepatu, tas atau pakaian.

Tempat alat-alat tulis



Anda juga bisa membuat tempat alat-alat tulis dengan kreativitas dari bambu lho. Sangat bermanfaat bukan? Anda bisa membuatnya dengan berbagai ukuran, bila perlu dengan tambahan aksesoris yang bisa mempercantik tempat ini.

Tempat Tidur



Siapa sangka ternyata pohon bambu juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tempat tidur lho. Anda bisa melihat gambar di atas, cukup nyaman bukan dan tentunya tidak kalah kokohnya untuk dijadikan tempat tidur kita bila dibandingkan dengan material yang lain.

Nampan , teko, dan gelas



Selain beberapa furniture di atas, ternyata kreativitas dari bambu juga bisa menghasilkan seperangkat peralatan penjamuan untuk tamu yang terdiri dari nampan, gelas dan teko seperti gambar di atas. Pahatan yang sangat halus bisa menghasilkan peralatan di atas yang bila dilihat sekilas tidak nampak kalo itu sebenarnya terbuat dari bambu bukan? Wah pastinya butuh ketekunan, kecermatan dan latihan yang rutin untuk bisa jadi seperti itu.

Bingkai foto



Buat anda yang ingin mengabadikan kenangan anda melalui foto. Anda bisa menghiasnya dengan pigora yang terbuat dari kreativitas bambu. Cukup cantik bukan? Dan pastinya akan terlihat lebih natural karena ciri khas bambunya sangat mencolok. Sekilas pandang saja sudah tau kalau itu terbuat dari bambu.

Kaligrafi



Mahakarya tulisan kaligrafi juga bisa dipahat  di atas bambu dan nantinya bisa anda pajang di rumah anda. Jika anda berniat menjualnya pun tentunya akan memiliki nilai jual yang tinggi bila dibandingkan dengan menulis kaligrafi pada selembaran kertas biasa.

Tempat Nasi



Di desa-desa atau warung-warung yang berciri khas tradisional, kreativitas dari bambu ini terlihat dari penyajian wadah nasinya. Bambu diolah dengan cara di anyam seperti tampak pada gambar di atas. Tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi untuk menghasilkan anyaman tempat nasi di atas.

Kalung bambu



Tanaman bambu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aksesoris seperti gambar di atas. Hasilnya terlihat sederhana bukan? Meskipun sederhana tapi cukup bisa digunakan untuk melengkapi penampilan anda lho. Tidakkah anda berniat mencoba memakainya?

Lampu Hias



Untuk menciptakan suasana baru, anda juga bisa memanfaatkan kreativitas dari bambu ini untuk membuat lampu hias seperti pada gambar di atas. Cukup kreatif bukan? Desainlah sesuai dengan kebutuhan suasana seperti apa yang anda inginkan. Bambu yang terlihat biasa pada awalnya jadi terlihat luar biasa.

Nah itu tadi beberapa kreativitas dari bambu yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jika anda sudah mulai tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba dan mulai menekuninya. Selamat berusaha dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel