Inland Waterways Cikarang Solusi Terbaik Sebagai Transportasi Logistik


Inland Waterways Cikarang Solusi Terbaik Sebagai Transportasi Logistik
Gambar : knic.co.id

Dengan adanya pembangunan inland waterways Cikarang, Kementrian Perhubungan berharap akan menjadi solusi terbaik untuk transportasi logistik. Selain itu, pembangunan proyek ini juga menjadi salah satu proyek strategi nasional di Indonesia. Dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan jalan raya dan mengurangi biaya logistik di Indonesia yang masih sangat tinggi.

Sebelum proyek ini di realisasikan, Kementrian Perhubungan telah menguji tingkat efisiensi dan efektifitas proyek dengan mengumpulkan beberapa stakeholder dalam bidang logistik untuk dimintai sebuah pendapat, agar proyek ini dapat dikerjakan dengan baik. Karena perlu diamati bahwa pembangunan tersebut dapat berjalan sesuai koridor atau tidak, sehingga layak menjadi salah satu proyek prioritas.

Manfaat Diciptakan Inland Waterways Cikarang


Manfaat dibangunnya Cikarang Bekasi Laut ini mampu mengurangi porsi angkutan darat yang melintasi jalan raya dimana angkutan logistik menuju Pelabuhan Karawang sudah sangat memprihatinkan. Sehingga dengan adanya inland waterways tersebut menjadi alternatif lain selain menggunakan jalan raya sebagai jalur utamanya.

Karena tingginya penggunaan angkutan darat, hal itu yang menyebabkan kepadatan jalan raya dan setiap hari jumlahnya semakin meningkat. Di samping itu, angkutan darat merupakan jenis transportasi paling rawan terhadap kecelakaan dan paling rentan terhadap risiko yang tidak diinginkan.

Dengan dibangunnya inland waterways Cikarang, maka penggunaan angkutan darat juga dapat berkurang. Sehingga tingkat kepadatan di jalan raya dapat teratasi dengan baik dan tingkat kemacetan dapat berkurang. Adanya jalur tersebut juga dapat mengurangi kerusakan jalan raya yang mampu diminimalisir.

Manfaat lain diciptakannya inland waterways Cikarang yaitu mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh angkutan umum darat, penggunaan bahan bakar minyak berkurang dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Perlu diketahui bahwa proyek strategis nasional merupakan solusi terbaik untuk mengatasi angkutan darat yang cukup padat.

Sehingga angkutan laut bisa dijadikan sebagai alternanatif moda transportasi yang memiliki potensial tinggi untuk angkutan logistik menuju Pelabuhan Karawang. Alat transportasi ini memiliki kelebihan tersendiri, karena lebih ramah  terhadap lingkungan dibandingkan dengan alat transportasi darat yang menyebabkan polusi udara.

Dengan mengoptimalkan jalur kanal, maka dipastikan dapat mengatasi masalah kepadatan di jalan raya dan menjadi alternatif utama untuk transportasi logistik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel