Bedah Strategi Launching Lagu Nissa Sabyan - Aisyah Istri Rasulullah



Masih ingat nama Nissa Sabyan?

Ya, videonya sempat trending dan merajai youtube indonesia sebelum bahkan sampai selesai Ramadhan di beberapa tahun lalu.

Tapi tahukah anda ini bukan sebuah kebetulan?

Ternyata timing yang tepat lebih berpengaruh terhadap besarnya sebuah produk.

Kalau ditelusuri faktor viralnya channel Youtube yang memiliki 7 juta followers ini, ada beberapa yang penting…

1. Timing
2. Content
3. Channel
4. Market

Yang Pertama

timing-nya pas banget menjelang Ramadhan.

Dimana masyarakat biasanya sudah mengkondisikan diri untuk menyambutnya 1-2 bulan sebelumnya.

Kalau dilihat dari #Google_Trend, pencarian Sabyan atau Nissa Sabyan mulai naik di bulan April dan memuncak di bulan Mei di tahun 2019.

Nah, di tahun 2020 ini Nissa Sabyan kembali hadir dengan Lagu terbarunya Aisyah Istri Rasulullah.

Lihat waktunya kurang lebih 1 bulan sebelum Ramadhan.



Yang Kedua


Content yang fresh dan unik. sholawat, gambus, dan lagu religi bukanlah hal yang baru.

Tetapi dengan ‘medium’ dan ‘kemasan’ yang baru menjadikan Sabyan sebagai ‘produk’ yang fresh.

Timing dan Content saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat sebuah produk jadi viral.



Yang Ketiga

Channel yang tepat

Kalau dipikir-pikir memang belum ada yang ‘serius’ menggarap channel Youtube untuk ‘memasarkan’ shalawat, gambus dan sejenisnya.

Dengan begitu Sabyan masuk ke ranah Blue Ocean karena tidak ada content sejenis disana. Kebanyakan Youtubers lebih suka mencover lagu daripada mencover sholawat.

Tetapi, viral yang sebenarnya terbangun di market. Sebelum Sabyan, sudah ada ‘kompetitor’ yang duluan bermain di niche yang sama, yaitu Aleehya.

Tetapi mengapa Sabyan bisa mengungguli jauh?

Karena salah satu faktor Viral yang yang bernama “Social Currency”



Jadi, faktor keempat ada di Market.


Bagaimana caranya membuat market mau ikut memviralkan konten anda?

Apa yang dimiliki oleh Sabyan tapi tidak dimiliki oleh Aleehya?

Jawabannya jelas… Di Sabyan ada ‘Dek Nissa”.
Gabungan antara Timing, Content, Channel, dan Market yang tepat membuat semuanya berjalan sempurna.
Sebagai informasi tambahan, beberapa bulan belakangan ini memang lagi marak konten dengan tema ‘jomblo’ di Youtube. Mulai dari rayuan gombal, prank dan sejenisnya.

Intinya market ‘jones’ itu gede!

Ketika Sabyan muncul dengan Dek Nissa sebagai anchor-nya. Maka para jones berlomba-lomba untuk ‘share duluan’ tentang the New Rrising Star.

Itu ditandai dengan kata kunci Nissa Sabyan yang ikut naik seiring naiknya channel sabyan.

Bahkan sekarang followers Instagram @n issa_sabyan sudah mencapai 14++ juta followers.

WOW!

Dengan market yang antusias untuk jadi yang pertama memberitakan tentang Nissa (dan mungkin berharap jadi yang pertama ‘dilirik’ olehnya) maka lengkaplah sudah faktor yang membuat Sabyan membesar.

Sebagai catatan tahun lalu, viralnya Sabyan ‘dalam semalam’ langsung mengungguli sang incumbent Gen Halilintar yang sudah berada di niche ‘Dakwah Kreatif’ selama bertahun-tahun.

Meskipun begitu, perjalanan masih panjang.

Strategi yang dilakukan tahun lalu tidak jauh berbeda seperti Launching Lagu Aisya Kali ini.

Saat Ini Video lagu Aisyah Sudah Ditonton 7,2 Kali padahal baru Launching 4 hari lalu.

Konsistensi para Content Creator masih dibutuhkan untuk dampak yang lebih besar.

TokoKaosDakwahIslami yang juga bermain di area dakwah kreatif masih perlu banyak belajar.

Dan beruntungnya di Indonesia Kaos Dakwah ( TokoKaosDakwahIslami ) ini punya SIKLUS yang selalu berulang.

Yaitu LEBARAN!
Dengan TIMING yang pasti datang dan berulang.
Sudah siapkah Content anda?

Channel apa yang mau dipilih?

Masih ada beberapa Minggu lagi untuk mempersiapkannya...

Kalau Mau Coba Channel Promosi Tertarget dan Menghasilkan Bisa belajar di :

Ecourse Google Ads

Menurut kamu ada faktor lain?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesuksesan Seorang Tukang Kebun Sunny Kamengmau Hingga Menjadi Pengusaha Sukses Beromset Miliaran

Begini Trik Agar Karyawan Betah Kerja Di Perusahaan Anda

Ahmad Zaky, Pemuda di Balik Kesuksesan Bukalapak.Com